SEJARAH

Tentang MMB

Program Studi Magister Manajemen Bencana Pascasarjana Universitas Airlangga menawarkan keahlian yang terkait secara langsung dengan pengelolaan program penanggulangan bencana. Pendidikan Magister Manajemen Bencana meliputi pendidikan tenaga profesional dalam ilmu manajemen, prosedur penanganan bencana secara efektif, efisien, dan manusiawi dari titik pandang berbagai ilmu.

Tujuan pendirian Magister Manajemen Bencana adalah menghasilkan para sarjana S2 yang profesional, cerdas, dan bermoral dalam mengelola bencana pada setiap fase, yang meliputi: fase respons dini, faserecovery dan rehabilitasi, fase kesiapan (preparedness) di masyarakat, dengan pendekatan koordinasi lintas sektor dan lintas disiplin ilmu, sehingga mampu menjadi tenaga handal dan profesional serta mampu berperan di tingkat nasional dan internasional.

Lulusan Program Studi Magister Manajemen Bencana memiliki pasar kerja yang luas dalam institusi pemerintah maupun swasta yang terkait langsung maupun tidak langsung dengan penanggulangan bencana. Lulusan akan dapat mengisi lapangan pekerjaan dalam berbagai bidang, sebagai berikut:

  1. Institusi pendidikan tinggi baik negeri maupun swasta
  2. Lembaga / Balai Penelitian
  3. Konsultan dan peneliti
  4. Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dalam bidang penanggulangan bencana.