PROFILE

Dalam upaya pencapaian dan hasil target akhir dari proses belajar mengajar, diperlukan strategi pembelajaran yang sesuai bagi peserta didik pada Program Studi Magister Manajemen Bencana yaitu terdiri atas metode pembelajaran dan media pembelajaran.

  1. 1 Metode Pembelajaran Pemilihan metode yang tepat sangat penting dalam kaitannya dengan materi pembelajaran yang akan disampaikan. Pemilihan metode tersebut mengacu pada kompetensi yang sudah ditetapkan dalam program studi ini. Metode yang tepat untuk kompetensi ini adalah dengan kuliah (ceramah). Selain itu juga mahasiswa juga harus dilibatkan dalam diskusi agar dapat saling bertukar pikiran untuk mencari model-model pengembangan ilmu yang baru. Secara umum, metode yang banyak digunakan dalam program Magister Manajemen Bencana ini adalah sebagai berikut:
  • Ceramah

Mayoritas mata kuliah dalam program studi ini membutuhkan strategi pembelajaran dalam bentuk ceramah.             Ceramah di sini tidak dimaksudkan hanya satu arah, tetapi bersifat interaktif

  • Diskusi

Diskusi adalah salah satu bentuk lain dari strategi pembelajaran yang diterapkan dalam program studi ini.                  Lebih jauh lagi, mahasiswa s2 yang terdaftar di program ini meliputi lulusan mahasiswa dari berbagai jenis                jurusan di S1. Beberapa mahasiswa lain juga berasal dari ilmu-ilmu umum seperti manajemen, dan lain-lain.              Oleh karena itu diskusi untuk saling bertukar pikiran menjadi sangat penting adanya.

  • Studi Kasus

Studi Kasus Bentuk lain dari strategi pembelajaran dari program studi ini adalah dengan studi kasus. Harapan          dari studi kasus ini adalah mahasiswa dapat menemukan cara atau solusi untuk kemudian dikembangkan di              tempat lain.

  1. 2 Media Pembelajaran

Media Pembelajaran merupakan alat bantu yang sangat penting bagi keefektifan proses belajar mengajar.                 Tanpa alat bantu, mahasiswa akan menemui kesulitan untuk dapat mengerti apa yang telah diajarkan oleh para         dosen. Secara umum, media yang digunakan oleh program Magister Manajemen Bencana ini adalah                         whiteboard dan LCD+komputer. Untuk kuliah tamu dengan institusi pendidikan di luar negeri, media yang                   mungkin digunakan adalah teleconference yaitu seperangkat alat agar kita yang berada di Indonesia dapat               menikmati pelajaran oleh seseorang yang berada di belahan dunia yang lain secara langsung.